Posted by : Unknown Saturday 19 April 2014

Hai gan apa kabar nih, malem - malem ujan gede gini mending posting lagi, bagi - bagi info baru buat agan - agan. Ok lah langsung aja yah.

Virus adalah suatu program komputer yang meiliki kemampuan untuk merusak file atau merusak sistem komputer. Hal ini tentu sangat di hindari karena virus sangat merugikan si user atau pemakai komputer. Lalu virus ini memiliki berbagai jenis dan mempunyai cara kerja yang berbeda - beda.
berikut jenis - jenis virus dan cara kerjanya :

1. Virus File
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi aplikasi atau dokumen yang ada dalam komputer anda. Saat aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.

2. Virus Boot Sector
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi boot sector harrdisk (boot sector merupakan sebuah daerah dalam harrdisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan). Jika virus boot sector ini aktif, pengguna tidak akan bisa membooting komputer secara normal.

3. Virus E-mail
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menyebar melalui e-mail (boasanya dalam bentuk file lampiran/attachmen). Virus memliki ciri khusus berupa ekstensi .src, .exe, .pif, atau .bat . Aplikasi virus ini aktif, maka dia akan mengirim dirinya sendiri ke berbagai alamat e-mail yang terdapat dalam buku alamat pengguna.

4. Virus Multipartite
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi file - file komputer sekaligus boot sector pada harddisk. Virus jenis ini akan menimbulkan banyak masalah karean menyebabkan kerusakan yang fatal.

5. Virus Polimorfis
Virus ini mempunyai cara kerja yang unik yaitu virus ini dapat mengubah kode dirinya (bergati wujud) saat menyebarkan diri ke komputer lain. Virus jenis ini lebih sulit untuk dideteksi karean mempunyai sifat seperti itu.

6. Virus Siluman (Stealth Virus)
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu dia mamu menyembunyikan dirinya dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah - olah file tersebut tidak terinfeksi.

7. Virus Makro
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi aplikasi Microsoft Office, seperti Word dan Exel. Biasanya dokumen yang terinfeksi oleh virus makro akan memodifikasi perintah yang ada di Microsoft Office seperti perintah "save" untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.

Cukup sekian info yang dapat saya bagikan, semoga agan - agan lebih berhati - hati terhadat virus - virus yang udah disebutin diatas.

Sekian dan Terimakasih

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Total Pageviews

Chat Box

Popular Posts

Powered by Blogger.

- Copyright © Saliwat Info -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -