Posted by : Unknown Saturday 12 April 2014

Gmn kabarnya gan pasti pada sehat kan..siang ini saliwat info mau bagi - bagi tips tentang "Penitngnya Shutdown Komputer". Setiap kali kita menggunkan komputer, setelah selesai kita wajib melakukan proses shutdown. Namun biasanya beberapa agan kadang suka males menunggu proses shutdown yang cukup lama, jadi langsung saja dimatikan lewat tombol power atau dari stop kontaknya. bila terlalu sering kita mematikan dengan cara tersebut, ada beberapa kendala yang akan terjadi :


1. Pada saat proses shutdown komputer akan meregristrasi ulang komponen komputer yang terpakai (digunakan) dan software serta data dipakai atau yang di delet. Kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registry. Sehingga bila terjadi masalah pada komputer maka komputer tidak dapat menjalankan system recofery berdasarkan tanggal atau waktu yang ditetapkan.

2. Pada saat proses shutdown, processor memberikan perintah kepada biios untuk menghentikan segala pekerjaan - pekerjaan komponen peralatan, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal. Tapi kalau kita mematikan langsung maka komponen komputer secara mendadak mati tanpa pemutusan arus secara normal sehingga lama kelamaan akan menimbukan kerusakan pada komponen komputer.

3. Pada saar proses shutdown fan / kipas komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan processor, kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka pendinginan processor tidak akan bekerja secara normal maka lama - kelamaan processor bisa rusak.

4. Pada saat proses shutdown system memory akan dikosongkan, sehinggan pada saat komputer dipakai lagi maka memory akan benar - benar dalam keadaan refres, kalau kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memory akan rusak.

5. Pada saat proses shutdown Harddisk bekerja untuk menyimpan data yang diperoleh processor serta menyalin data komputer serta software registry komputer, kemudian Harddisk akan kembali ke posisi awal (ke posisi tidak membaca Harddisk). Kalau kita mematikan komputer secara langsung maka selain data komponen dan software tidak tersimpan pada registry, juga posisi head Harddisk berada pada tengah - tengah silinder Harddisk, sehingga pada saat dihidupkan kembali kompter dapat merusak silinder Harddisk sehinggan terjadi bad sector Harddisk dan kemungkinan MBR Harddisk akan rusak, lama - kelamaan akan menyebabkan Harddisk rusak.

Tuh gan hal kecil aja klo tidak diperhatikan bisa berbahaya, apa susahnya sih mematikan laptop dari pada harus kehilangan laptop yang agan cintai...hhee
mungkin cukup sekian tips yang bisa saliwat berikan semoga bermanfaat bagi agan - agan semua

Terima Kasih 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Total Pageviews

Chat Box

Popular Posts

Powered by Blogger.

- Copyright © Saliwat Info -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -